Minuman Isotonik Bagi Tubuh, Berikut 4 Manfaat Konsumsi Pocari Sweat

Pocari Sweat

Minuman isotonik merupakan salah satu minuman yang paling sering dijadikan pilihan untuk menemani berolaraga. Dengan mengandung berbagai mineral seperti sodium dan kalium. Minuman isotonik seperti Pocari Sweat mengandung garam dan gula yang sama seperti pada tubuh. Oleh karena itu, minuman tersebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Simak berikut ini.

Manfaat Dari Minuman Isotonik Bagi Tubuh

1. Menghindari Dehidrasi

Ketika olahraga, biasanya tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Menandakan bahwa banyak cairan tubuh yang keluar. Oleh karena itu sebagai gantinya dapat mengkonsumsi minuman berisotonik. Tubuh yang kehilangan cairan elektrolit dari keringat maupun urine dapat tergantikan dengan kandungan elektrolit dari minuman isotonik, karena mudah terserap tubuh.

Minuman ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin berolahraga atau mengalami gangguan kesehatan dimana anda akan lebih sering kehilangan kandungan elektrolit dalam tubuh. Karena dengan mengkonsumsi minuman ini, maka energi yang hilang dalam tubuh dapat tergantikan dengan cepat dan menghindari hal buruk yang bisa terjadi pada butuh.

Seperti produk Pocari Sweat, minuman ini dapat mengatasi dehidrasi berat. Dimana pada dehidrasi ini dapat menyebabkan sakit kepala, halusinasi, kelelahan hingga kejang. Minuman ini menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi atlet yang melakukan olahraga ringan maupun berat. Karena air biasa tidak akan cukup untuk menggantikan cairan yang keluar dari tubuh khususnya pada elektrolit tubuh.

2. Menjaga Keseimbangan Air dan Garam

Mengandung banyak zat elektrolit yang berperan aktif dalam tubuh, diantaranya adalah sodium, potasium, kalsium, fosfat, bikarbonat dan sebagainya dapat menjaga keseimbangan air dan garam di dalam tubuh. Apabila keseimbangan dari kandungan air dan garam dalam tubuh baik, maka sistem organ dalam tubuh akan berjalan dengan baik dan menghindari kekurangan energi.

Setelah melakukan suatu penelitian dimana salah satu meminum minuman isotonik sebelum berolahraga dan satu lagi meminum minuman berkafein, hasilnya seseorang yang meminum isotonik mengeluarkan sedikit keringat dan intensitas buang air kecil yang sedikit. Hal ini menandakan bahwa kandungan pada minuman isotonik dapat menyeimbangkan air dan garam dalam tubuh.

3. Memberi Asupan Karbohidrat

Pada kegiatan yang berat akan menghabiskan energi yang besar dari dalam tubuh. Aktifitas berat membuat kandungan karbohidrat dalam tubuh khususnya pada cadangan glukosa dalam bentuk glikogen dalam hati akan terkuras ketika banyak penggunaan otot untuk berkegiatan sehari hari. Hal ini dapat diatasi dengan minuman berisotonik seperti Pocari Sweat.

Olahraga yang berat akan membutuhkan pergerakan otot yang terlalu sering sehingga glikogen sebagai sumber energy akan semakin menipis. Penggunaan minuman isotonik dapat memenuhi karbohidrat bagi tubuh, sehingga tubuh dapat memiliki waktu untuk membentuk glikogen. Karena pembentukan glikogen membutuhkan waktu yang cukup lama.

4. Mengurangi Resiko Terjadinya Cedera

Selain dapat mengatasi dehidrasi dan juga memberi asupan elektrolit bagi tubuh. Minuman isotonik dapat memberikan perlindungan bagi otot dan mengurangi adanya kerusakan otot yang dapat terjadi ketika berolahraga. Karena kandungan yang dimiliki oleh minuman isotonik dapat memberi asupan optimal bagi otot, sehingga otot dapat bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, minuman isotonik lebih baik diminum apabila anda ingin melakukan kegiatan berat seperti berolahraga. Karena kandungan dalam minuman isotonik seperti Pocari Sweat akan berguna untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh yang terbuang ketika beraktifitas. Apabila tidak, maka kandungan akan semakin menumpuk dalam tubuh dan akan berakibat tidak baik.

Nah itulah manfaat yang didapatkan ketika meminum minuman isotonik saat berolahraga. Agar energi dalam tubuh tetap terjaga dan menghindari adanya resiko seperti cidera otot maupun dehidrasi berat. Pilihan yang tepat apabila anda memilih minuman isotonik selama berolahraga. Karena cairan dalam tubuh terjaga, seluruh aliran sistem dalam tubuh pun menjadi lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *