Tampon Hidung, Salah Satu Tindakan Medis Untuk Mengatasi Mimisan

Tampon Hidung

Epistaksis atau yang biasa disebut dengan mimisan adalah salah satu kondisi kesehatan yang hampir pernah dialami oleh semua orang setidaknya sekali seumur hidup. Biasanya, kasus ini memang sering terjadi pada anak kecil berusia dibawah 10 tahun. Untuk mengatasi pendarahan yang terjadi, anda bisa menekan bagian hidung untuk menghentikan pendarahan. Salah satu tindakan medis yang dapat dilakukan untuk mengatasi mimisan ini adalah dengan metode tampon hidung.

Mimisan, Pendarahan yang Keluar Melalui Lubang Hidung

Mimisan merupakan kondisi pendarahan pada hidung, yang mana darah akan keluar dari lapisan jaringan yang berada pada bagian dalam hidung. Hidung memang menjadi salah satu organ tubuh yang di permukaannya banyak terdapat pembuluh darah, membuat hidung lebih rentan mengalami pendarahan. Mimisan memang bukanlah kondisi yang berbahaya beda dengan pendarahan-pendarahan lainnya. Sehingga, kebanyakan kasus ini dapat ditangani sendiri.

Epistaksis anterior adalah jenis pendarahan yang terjadi pada bagian yang memisahkan antara lubang hidung sebelah kanan dan sebelah kiri. Pembuluh darah yang terletak di bagian bawah septum ini, memang rentan berdarah. Sedangkan, epistaksis posterior terjadi karena adanya pendarahan yang terjadi pada pembuluh darah lebih besar di bagian hidung belakang, sehingga diperlukan tindakan medis untuk mengatasinya.

Tampon Hidung, Berguna Untuk Mengatasi Mimisan

Ketika mengatasi mimisan, pendarahan baru akan berhenti ketika aliran darah berhasil untuk dibekukan. Selama, ini masyarakat banyak melakukan tindakan sendiri untuk mengatasi mimisan. Sebagai pertolongan pertama, orang-orang akan memencet bagian depan hidung selama beberapa menit hingga pendarahan berhenti. Namun, cara seperti ini hanya efektif ketika epistaksis yang dialami merupakan jenis yang ringan.

Jika mukosa pada hidung kering, maka biasanya pendarahan yang muncul akan bersifat lebih berat dan tidak mudah untuk langsung berhenti dengan cara diatas. Sehingga, penderitanya membutuhkan bantuan untuk menghentikannya, seperti menyemprotkan salin pada bagian hidung. Namun, jika pendarahan terjadi secara berulang-ulang dan tidak mudah berhenti, maka untuk membantu darah membeku dibutuhkan tindakan medis seperti penggunaan tampon hidung.

Tampon hidung adalah salah satu prosedur penanganan yang biasanya dilakukan oleh tenaga medis untuk mengatasi pendarahan pada hidung yang tak kunjung berhenti biasanya karena cedera. Prosedur ini juga dapat digunakan ketika mimisan terjadi berulang kali dan tak kunjung berhenti. Biasanya, mimisan yang tidak segera berhenti setelah diberikan tindakan hingga lebih dari 20 menit bisa jadi indikasi awal mula penyakit lainnya. Sehingga, penanganan yang diperlukan berbeda.

Jika terjadi keluhan mimisan yang begitu serius, dan penanganan pertama tidak lagi dapat mengatasi mimisan yang terus keluar anda bisa segera ke rumah sakit. Di rumah sakit, anda bisa mendapatkan prosedur langsung berupa pemasangan tampon hidung. Tindakan Medis awal, dokter akan memasukkan benda yang dapat mengembang di dalam hidung seperti kasa, spons hidung dan juga balon lateks yang aman. Benda-benda ini berguna untuk menekan bagian pembuluh darah.

Setelah itu, materi penahan akan mulai menekan pembuluh darah penyebab mimisan terjadi, hingga aliran darah berhasil membeku. Biasanya, tampon hidung akan dibiarkan berada di dalam hidung selama 1 hingga 2 hari sampai pendarahan benar-benar berhenti. Setelah pendarahan dirasa benar-benar berhenti, anda bisa mendatangi dokter lagi untuk melepas tampon hidung yang ada di dalam hidung. Jika pendarahan tetap terjadi, segera hubungi dokter.

Mimisan memang kondisi adanya pendarahan pada hidung, yang seringkali terjadi pada manusia. Biasanya, hal ini bisa terjadi karena adanya cedera pada hidung, yang menyebabkan pendarahan. Pada dasarnya, mimisan yang ringan dapat diatasi secara mandiri oleh penderitanya, dengan cara yang mudah. Namun, pada beberapa kasus yang menyebabkan pendarahan hebat, anda memerlukan penanganan berbeda seperti penggunaan tampon hidung.

Berbagai fitur dari SehatQ ini dibuat dengan sedemikian rupa untuk memudahkan pengguna, serta membantu masyarakat dalam mengelola kesehatan dengan lebih baik. Selain itu SehatQ, pada domain resmi sehatq.com juga banyak menghadirkan artikel kesehatan yang memuat berbagai informasi yang mungkin tidak diketahui orang awam. Semua artikel tersebut juga bisa dipercaya karena telah ditinjau secara oleh dokter dan tenaga ahli.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *