Kenali Syarat Donor Darah Sebelum Jadi Pendonor, dan Ini Cara Agar Lolos Donor Darah

Syarat Donor Darah

Berbuat kebaikan bisa dilakukan dengan banyak cara. Ada yang bersedekah dengan uangnya, membantu pekerjaan orang lain dengan jasanya hingga mendonorkan darah bagi yang membutuhkan. Donor darah menjadi salah satu kegiatan yang mulai dan sangat dibutuhkan karena setiap harinya pasien-pasien di rumah sakit membutuhkan tambahan darah karena penyakitnya maupun karena trauma kecelakaan dan proses operasi. Meski begitu, tak sembarang orang bisa mendonorkan darahnya karena ada syarat donor darah yang harus dipenuhi sehingga proses tersebut tidak berbahaya untuk diri sendiri sebagai pendonor serta dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Bagi Anda yang ingin mendonorkan darah namun belum mengetahui syaratnya, berikut ini adalah apa saja syarat yang harus dipenuhi dan bagaimana cara agar Anda bisa memenuhi satu per satu persyaratan tersebut.

1. Usia

Anda harus berada di rentang usia 17 hingga 60 tahun. Bagi remaja kurang dari 17 tahun atau belum genap 17 tahun, dapat melakukan donor darah dengan surat izin dari orang tua.

2. Berat badan

Untuk bisa melakukan donor darah setidaknya Anda harus memiliki berat badan minimal 45 kg dan memiliki tinggi badan yang proporsional. Untuk bisa memiliki berat badan tersebut, perbanyak menu makanan yang mengandung karbohidrat atau lemak baik dalam tubuh.

3. Tidak demam

Suhu tubuh yang diperbolehkan untuk melakukan donor darah antara 36,6 derajat celcius hingga 37, 5 derajat celcius. Jika Anda memiliki suhu diatas itu, berarti Anda sedang pada kondisi demam sehingga tidak sehat untuk melakukan donor darah. Cara mengobatinya adalah dengan menurunkan panas dan mengobati penyakit yang menyebabkan gejala demam.

4. Tekanan darah

Syarat untuk donor darah berikutnya adalah memiliki tensi normal yaitu sistole 110-160 mmHg dan diastole 70-100 mmHg. Bagi Anda yang memiliki darah tinggi, selama belum bisa kembali normal, Anda tidak akan diperbolehkan melakukan donor darah karena bisa mengakibatkan darah keluar terlalu kencang. Begitu juga dengan pemilik darah rendah yang bisa beresiko pingsan. Stabilkan dahulu tekanan darah untuk bisa melakukan donor darah secara rutin.

5. Denyut nadi

Memiliki denyut nadi normal yaitu 50-100 kali per menit merupakan syarat yang dibutuhkan. Pemilik tekanan darah tinggi bisa memiliki denyut nadi lebih tinggi begitu juga dengan mereka yang memiliki masalah gangguan irama jantung.

6. Kadar hemoglobin

Syarat kadar hemoglobin untuk wanita adalah 12 mg per liter darah sedangkan untuk laki-laki adalah 12,5 mg per liter. Jika Anda memiliki kadar hemoglobin kurang padahal syarat lainnya sudah masuk, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu dengan mengkonsumsi obat tradisional angkak atau rajin makan buah jambu merah biji.

7. Jarak donor

Rutin mendonorkan darah? perlu diingat bahwa pendonor tidak boleh mendonorkan darahnya lebih dari 5 kali dalam setahun dan jarak donor terakhir adalah 3 bulan sebelum mendonorkan darah kembali.

Syarat donor darah tersebut di atas digunakan untuk memastikan proses donor darah tidak akan mengganggu kesehatan si pendonor dan darah juga sehat untuk dipakai oleh penerima. Tentu saja sebelum diberikan pada yang membutuhkan, darah akan mengalami proses sterilisasi terlebih dahulu sehingga jika ada bibit penyakit dapat dihilangkan sebelum darah masuk ke dalam tubuh penerima. Lakukan donor darah di tempat-tempat terpercaya dengan jarum suntik yang steril dan tenaga kesehatan yang mumpuni dan profesional di bidangnya untuk menghindari infeksi akibat bakteri atau virus yang bisa ditularkan melalui jarum suntik yang dipakai bergantian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *